Friday, January 14, 2011

Pembagian Hukum

Mau Share Aja Tentang Pembagian hukum
Kebetulan saya anak hukum haha Enjoy Gan :D

Hukum acara pidana dan perdata
Hukum acara disebut hukum formil bagaimana beracara menegakkan hukum materil. Hukum acara perdata adalah hukum yang mengatur bagaimana caraxa mempertahankan hukum perdata materil.
Hukum acara pidana @ hukum yang mengatur bagaimana mempertahankan hukum pidana materil.
Hukum acara perdata yang berlaku sekarang dimuat didalam Herdine Island Reglement(HIR)/ Reeglement Indonesia baru, yang berlaku dipulau jawa dan madura. BW/KUHPdt, Sedangkan hukum acara perdata yang berlaku dalam hukum peradilan agama UU7/89:pengadilan agama,
......
Hukum Perburuhan
Suatu bagian yang  berlaku yang mengatur antara buruh dan majikan
Hukum Pajak
Suatu kumpulan yang mengatur hubungan antara pemerintah sebagai penungut pajak, dan rakyat se                                                        bagai pembayar pahjak. Hukum yang  mengatur siap2 yg wajib pajak dan siaa2 yang bayar pajak
Hukum Perdata
Hukum kepentingan antara warga negara yang mengatur  perseorangan yang satu dan yang lainnya, perseorangan dengan perseorangan yanglainnya, dan perseorangan  dengan benda.
Hukum dagang
Hukum perdata khusus, yang dirumuskan , hukum yang mengatur soal2 perdagangan, yang timbul karena tingkah laku manusia.
Hukum pidana
Keseluruhan peraturan yang mengatur perbuatan dan tindakan apa yang merupakan tindak pidana
Hukum Internasional
Keseluruhan kaidah2 dan asas2 hukum yang mengatur hubungan atau persoalan yang melitasi batas negara
Hukum perdata Internasional
Seluruh kaidah2 yang mengatur hubungan perdata lintas negara
Hukum perselisihan
Hubungan antara perasturan yang ,menunjukkan hukum mana yang berlaku terhadap hubungan hukum antara orang2 yang berlainan golonganhukumnya dalam suatu negara.
HAKIKAT PENEGAKKAN HUKUM
Pada hakikatxa hukum adalah kepentingan manusia yang merupkan pedoman ttg bagaimna sepantasxa sepauyeleraskan nilai2 hukum orang beretika, tapi hukum bukan hanya sekedar pedoman belaka, tapi ditegakkan dan ditaati.Tujuan hukum terletak pada pelaksanaan hukum.
Pelaksanaan hukum sangat penting karena apa yang terletak pada tujuan terbentuk pada pelaksanaan hukum. Pelaksanaan hukum dapat berlangsung dimasy secara formal karena setiap individu mentaati dgan kesadaran, menegakan hukum terjadi karena pekanggaran hukum, yakni
Menegakkan hukum disebut sebagai pererapan sanksi, sanksi mrpkan penerapan alat kekuasaan sbg sanksi tehadp pelanggaran norma, oleh karena itu, penegakkan hukum hakikatxa adalah merefleksikan didalam sikap dan tindak sehari2 demi mewujudkan kepastian, keadilan, dan kemanfaatan hukum.

No comments:

Post a Comment