Tuesday, February 16, 2010

Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC

Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC
Tema : “Bangga Indonesia”

MuDAers Project : Lestarikan Bahasa Indonesia
By. Daniel Hermawan

“Ch4y@nk, ap k4b4r, aq lGi skuL ni. Nti @q k3 ip dl y m0 bli jCo. Kmu tgu1n di tmpt bi4s@ y. by3.” Seorang cewek sedang sibuk ber-SMS ria dengan yayangnya di mal. Kebetulan gue lagi berdiri di sebelah doi jadi bisa ngelihat SMS keramatnya. Begitu dilihat gue sempet geleng-geleng kepala. Bahasa angka dan huruf yang saling nyampur aduk bikin mata puyeng n perut gue mules. Langsung deh gue cabut dari tempat itu.

MuDAers pasti gak asing lagi sama bahasa planet yang satu ini. Bahasa alay, teman-teman gue menyebutnya. Sebenernya, bahasa gaul tipe ini udah ada dari dulu. Bahasa alay tuh modif dari bahasa prokem. Nah, bahasa prokem tuh bahasa pergaulan ala premen. Bahasa ini cuma diketahui sama kaum preman n sifatnya secret banget. Caranya dengan ngeganti beberapa huruf dari kata yang dimaksud. Kayak dagadu yang artinya matamu. Bisa juga bikin dari bahasa Indonesia formal jadi bahasa prokem. Misalnya, tidak peduli jadi EGP (Emang Gue Pikirin).

Bahasa alay beda lagi. Bahasa yang cucunya dari prokem ini kombinasi dari macam-macam karakter. Kayak bahasa SMS di atas itu pakai bahasa alay. Bahasa ini juga dipake buat ngelabuin filter yang ada di internet lho. Jadi gak semua orang tau apa isi pembicaraan sang alayers. Ngeliatnya juga gak ngerti tapi anehnya banyak orang suka n ngejadiin bahasa itu tren masa kini. Anehnya koq qta ikut mau make anak cucunya bahasanya preman sich? A big question.

Gara-gara bahasa SMS, banyak dari qta yang gak biasa nulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Rasanya haram hukumnya kalo ngucapin sesuatu sesuai EyD. Tren ini juga bikin qta jadi lupa daratan sama bahasa nenek moyang. Nah lho. Jadi what’s must we do now?

MuDAers bisa bikin bangga Indonesia dengan use it proudly. Gak usah liatin orang-orang ngakakak ato keketawaan liat qta pakai bahasa Indo. Justru mereka harusnya yang qta ketawain karena gak bisa nunjukkin jati diri bangsanya. Toh banyak duta besar negara qta yang bangga use Bahasa Indonesia di luar negeri. Masa qta yang katanya generasi penerus bangsa gak bisa. Malu dong!

Ada lagi yang berbahasa Indonesia ala banci. Kayak eke atau akyu kamyu. Waktu gue ngedengernya aja udah bikin telinga panas. Aduh geli banget deh. Bahasa Indonesia dijadiin bahasa yang kemayu-mayuan. Qta kan bukan banci-banci yang ngomongnya gitu khan? Tren lainnya bikin bahasa Indonesia sok kebarat-baratan. Gue dengar percakapan ini di sinetron “Hey you don’t wasting-wasting time lah di situ. Do your PR.” Bikin bahasa Inggris n Indonesia mix jadi satu. Akhirnya, qta bikin bahasa Indonesia jadi Nano Nano yang aneh-aneh rasanya.

Why we must proud use Indonesian language? Nah, menurut sumber online terpercaya yang gue dapetin, ada banyak fakta unik yang bikin qta harusnya proud using Indonesian language.
- Bahasa Indonesia udah mulai digunain sejak abad ke-7 Masehi. Kalian bisa liat fakta ini di prasasti berbahasa Melayu kuno di Palembang dan Bangka yang ditulis pas jaman kerajaan Sriwijaya. Keren banget kan?
- Bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 negara di dunia. Data ini ditulis di www.kompas.com pada tahun 2008. Ternyata banyak yang interest buat mempelajari bahasa Indonesia tercinta.
- Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh. Secara Pemda Kota Ho Chi Minh di Vietnam resmi mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh pada tahun 2007. Wiuh, bahasa Indonesia aja diakui negara lain.
- Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke-26 di dunia. Di Asia, situs ini menduduki peringkat ke-3 setelah Jepang dan Mandarin. Ternyata onliner sering searching bahan ke Wiki Indo kan? Termasuk qta juga lho buat tuhas skul.
- Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada WordPress. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.” Berita ini ditulis pas taun 2009, apalagi tahun 2010. Bisa-bisa bahasa Indonesia naik peringkat.

Finally, setelah liat keunggulan dan fakta unik bahasa Indonesia tercinta yang qta miliki, qta jadi bangga using bahasa Indonesia. Emang qta bakal jadi badut yang gak lucu tapi diketawain, but remember qta berhasil jadi agen-agen perubahan buat bikin bahasa Indonesia tetap eksis. So, MuDAers ini proyek qta bersama. Let’s do it!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment